Custom Search

Kamis, 24 April 2008

Pentingnya Guru Khusus Bimbingan Konseling


PERANAN guru khusus Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah sangat penting dalam mendukung keberhasilan proses belajar mengajar.

Sayangnya peranan tersebut sangat diabaikan oleh Dinas Pendidikan Nasional Kalbar. Sampai saat ini banyak sekolah-sekolah di Kalbar, baik SLTP-SLTA yang tidak mempunyai guru khusus BK. Pun tidak ada upaya dari Dinas Pendidikan Nasional Kalbar untuk mengangkat dan menempatkan guru khusus BK di sekolah-sekolah. Ketidakberadaan guru khusus BK sangat dirasakan sekali oleh sekolah-sekolah yang siswanya banyak menghadapi masalah.

Akibatnya sangat menghambat proses belajar mengajar. Tujuan pendidikan pun tak tercapai. Untuk beberapa tahun ini setiap penerimaan dan pengangkatan guru baru di lingkungan Diknas Kalbar tak ada formasi untuk guru khusus BK. Karenanya banyak sekali sarjana-sarjana BK yang tak dapat menyalurkan ilmunya dan terpaksa menganggur.

Untuk itu saya ingin mengimbau:
Diknas Kalbar agar memperbanyak pengangkatan dan penempatan guru khusus BK di setiap sekolah baik SLTP maupun SLTA

Menjadikan persyaratan khusus bagi sekolah negeri mau pun swasta untuk memiliki guru khusus BK.

Demikian imbauan saya, semoga mendapat tanggapan positif dari Dinas Pendidikan Nasional Prov. Kalbar demi kemajuan dan perkembangan pendidikan di Kalbar.

Pengirim :
Adi Haryono Putro, Guru& Pengamat Pendidikan

Artikel Sejenis :



Tidak ada komentar: