Saluran komunikasi adalah alat melalui mana sumber komunikasi menyampaikan pesan-pesan (messages) kepada penerima (receiver). Saluran ini dianggap sebagai penerus/penyampai pesan yang berasal dari sumber informasi kepada tujuan informasi.komunikasi dari mulut ke mulut yang terjadi dalam interaksi tatap muka antara beberapa pribadi disebut sebagai komunikasi antarpribadi.
Dalam komunikasi antarpribadi, yang menjadi saluran maupun sumber komunikasi adalah pemrakarsa komunikasi. Saluran mass media adalah semua alat penyampai pesan-pesan yang melibatkan mekanisme untuk mencapai audience yang luas dan tak terbatas.
TABEL KARAKTERISTIK SALURAN KOMUNIKASI
Karakteristik | Saluran Antarpribadi | Saluran Mass Media |
1. Arus Pesan 2. Konteks Komunikasi 3. Tingkat umpan balik yang terjadi 4. Kemampuan mengatasi tingkat (Selektivitas (terutama “selective exposure”) 5. Kecepatan jangkauan terhadap audience yang besar 6. Efek yang mungkin terjadi | Cenderung 2 arah Tatap muka Tinggi Tinggi Relatif lambat Perubahan sikap | Cenderung searah Melalui media Rendah Rendah Relatif cepat Penambahan pengetahuan |
Pilihan terhadap penggunaan saluran komunikasi banyak bergantung pada maksud dan tujuan komunikasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa mass media akan berperan secara efektif dalam merubah pendapat (misalnya, menambah pengetahuan), sedangkan komunikasi antar pribadi umunya lebih efektif dalam merubah sikap. Pesan-pesan melalui mass media memang kurang kuat dalam merubah sikap, kecuali kalau pesan-pesan tersebut justru memperkuat nilai-nilai dan kepercayaan (belief) audience, sedangkan pesan-pesan yang bertentangan akan disaring audience melalui tingkat selectivitas mereka.
Mekanisme selectivitas senantiasa terjadi baik pada komunikasi antar pribadi maupun pada komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar