Custom Search

Rabu, 04 Juni 2008

Mallware pada Komputer

Worm
Worm yang selama ini saya ketahui dari tahun 2000 sampai sekarang biasanya berfungsi sebagai virus perusak. Worm ini akan merusak file dokumen anda menjadi file tertentu dengan extensi tertentu. Misalnya anda mempunyai dokumen yang bernama data.doc jika dokumen tersebut terkena virus worm maka data tersebut berubah nama menjadi data.exe. Virus Worm ini tergolong virus yang berbahaya karena file yang terkena virus ini akan hancur menjadi format file lain dengan ukuran file yang sudah berubah. Bisa saja data anda yang berukuran 300kb menjadi 35kb dengan extensi yang berbeda. Dulu tahun 2000 Rental saya pernah terkena virus dengan nama Bebla Worm. Virus tersebut lumayan ganas karena menyerang semua extensi file kecuali, file yang berekstensi txt, rtf, com, exe, dll, dan bat. Semua file selain file tersebut diatas akan hancur dan tidak dapat dikembalikan lagi seperti semula karena file aslinya dah berubah ke dalam ukuran yang lebih kecil. Walaupun anda mempunyai file yang berukuran besar pun jika komputer anda sudah terkena virus worm Bebla Worm ini maka file tersebut akan hancur total menjadi ukuran keinginan virus Worm tersebut, karena saya pernah mempunyai file berukuran 100MB dengan 1 klik saja file tersebut telah berubah ukurannya menjadi 35kb. Untuk itu hati-hatilah terhadap virus Worm.


Trojan Horse
Trojan Horse adalah suatu program yang berfungsi sebagai mata-mata atau spy. Trojan ini masuk atau dimasukkan ke komputer bertujuan untuk memata-matai aktivitas komputer target. Salah satu Trojan Horse backdoor yang terkenal adalah r3c. Trojan ini akan membuka port tertentu pada komputer anda kemudian mengijinkan komputer anda di remote atau diakses dari komputer lain. Misalnya : Shutdown, Restart, Del, Rename, Remote Dekstop, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Spyware
Spyware yang mempunyai fungsi sebagai Spy atau memata matai. Spyware adalah program yang diam diam telah masuk kedalam komputer dan mengambil data. Tujuan awal dari pembuatan Spyware adalah mencari data dari pemakai internet dan mencatat kebiasaan seseorang dalam menyelusuri dunia maya. Sayangnya, perkembangan Spyware tersebut dirusak dengan munculnya pencuri yang dapat mengambil data pada sebuah komputer.
Kemudian Bagaimana masuknya program spyware ini. Program spyware biasanya masuk secara langsung dengan cara mengelabuhi pemakai internet. Bisa saja seseorang yang membuka suatu website dan secara tidak sengaja menerima sebuah peringatan dan melakukan apa yang di kehendaki oleh si pembuat web. Spyware sebenarnya tidak berbahaya, karena hanya difungsikan untuk memata matai komputer seseorang setelah berkunjung. Tapi semakin hari semakin berkembang, bahkan spyware sudah dijadikan alat untuk mencari data pribadi pada sebuah komputer. Dan secara diam-diam mengunakan koneksi internet anda tanpa diketahui dan komputer sudah menjadi mata mata tanpa diketahui pemiliknya

Adware
Adware sebenarnya merupakan mempunyai fungsi sebagai promosi atau iklan berbentuk banner. Kadang-kadang pemakai ingin mengunakan program shareware tetapi didalamnya terdapat program yang difungsikan sebagai Adware. Misalnya Program A yang diberikan secara gratis, ternyata memiliki jendela kecil pada program dan terus berganti ganti gambar iklan.
Misalnya anda mengunakan Yahoo messenger dan pembuat dari Yahoo menempatkan banner iklan pada sebuah bagian di program Yahoo chat. Untuk Adware masih bisa dikatakan aman, pembuat program memberikan program gratis, sementara mendapatkan dana uang dari iklan yang ditempatkan pada programnya. Sayangnya program Adware mulai dimanfaatkan terlalu banyak. Terkadang mengambil bandwidth atau beban koneksi internet terlalu besar dan akhirnya membuat koneksi internet menjadi benar benar lambat dan menganggu komputer ketika melakukan surfing. Terlebih adware yang sudah masuk kedalam komputer dan menjakit didalam program Windows. Ketika seseorang membuka sebuah site maka yang muncul adalah link ke site yang ditentukan oleh program Adware. Hal paling menjengkelkan bila jenis Adware yang tidak dapat ditutup. Begitu satu pop up iklan muncul ditutup, tidak lama lagi muncul pop up baru yang lebih banyak.

Browser Hijackers
Jika anda melakukan Browsing kemudian anda dimasukan pada link tertentu. Kemudian memaksa anda masuk pada sebuah situs tersebut walaupun anda sudah benar mengetik alamat situs yang anda inginkan. Berarti, program pada Browser anda secara tidak langsung sudah dibajak dan diarahkan ke situs tertentu.

Artikel Sejenis :



1 komentar:

blog_master mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.