Custom Search

Jumat, 22 April 2011

Rencana Pembelajaran - Bahasa Inggris - Membaca

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : Tujuh/Genap
Pertemuan : 1-2
Alokasi Waktu : 2X40 menit.
Tema : Family life
Standar Kompetensi : 11. Membaca
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 11.2. Merespon makna dan langkah retorika secara akurat lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive.


I. Indikator : 11.2.1. Mengidentifikasi berbagai informasirinci dalam teks descriptive.
11.2.2.Mengidentifikasi ciri-ciri kebahasaan teks descriptive.
11.2.3. Mengidentifikasi langkah-langkah retorika teks.

II. Tujuan Pembelajaran:
Setelah kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Gagasan umum teks.
2. Informasi rinci dalam teks
3. Makna kata tertentu dalam teks
4. Langkah retorika teks

III. Materi Ajar
1. Teks berbentuk descriptive (family life).
2. Kosa kata yang berhubungan dengan teks family life.
- Penggunaan present countinous tense.
- Nouns: things around the classroom and in the house.



IV. Langkah-langkah Pembelajaran
B. Pendahuluan.
• Greeting, checking atendent.
• Pre test, review
C. Kegiatan inti
1. Eksplorasi
• Tanya jawab yang terkait dengan materi.
• Membaca teks descriptive.
2. Elaborasi
• Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan pelajaran yang akan di bahas.
• Menjawab berbagai pertanyaan yang terkait tantang teks untuk menemukan gagasan utama, informasi rinci, dan makna kata.
• Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat yang berkaitan dengan family life.
• Guru menjelaskan tentang present continous tense.
• Mengerjakan soal tentang present continous tense.
3. Konfirmasi
• Menemukan struktur kalimat yang digunakan dalam teks descriptive.
• Mengerjakan match the words with the picture and translate it.
D. Kegiatan akhir
• Menanyakan permasalahan yang dihadapi siswa dalam memahami wacana yang diberikan.
• Menyimpulkan materi pelajaran.
Metode, media dan Sumber Belajar
a. Three phase technique.
b. Lingkungan kelas (real objects in the classroom)
c. Buku-buku yang relevan
d. Theacher-made materiaL.
VI. Penilaian
a. Teknik : Tes lisan dan tes tulis
b. Prosedur : Selama proses
c. Bentuk : Perfomance
WORKSHEET
I. Read the following teks carefully to answer the question above!
Mike Family
Mike and barbara Black live in Manchester, in the north of England. Mike Green is a school teacher.
He is 45 years old. Barbara Black is a nurse. She is 44 years old. They have three children: Rio, Tony, and Sasya. Rio is 12, Tony is 10, Sasya is 4. Rio and Tony are students.
1. What is his daughter’s name?
2. Who is the oldest child?
3. How many people are there in Mike’s family?
4. What is Mr. Black?
5. Where does Peter live?

II. Look at the dictionary to get the meaning of the following words if necessary!
Teenagers=.............
Marriage=...............
Husbund=...............
Uncle=....................
Attend=..................

III. Make a good sentenses using the words above!

1.1 Rubrik Penilaian
No Uraian Skor
1 Setiap jawaban benar ungkapan tepat 20
2 Jawaban kurang 15
3 Jawaban tidak benar 5
4 Tidak ada jawaban 0

Pedoman Penilaian
a. Tiap nomor benar skor 20
b. Skor minimal 5X20=100




Surakarta, 12 Oktober 2010
Guru Pamong Praktikan/Mahasiswa PPL




( Bambang WK. S.pd ) ( Titien A. )
NIP.19610412 199203 1 007 NIP. ......................................



Dosen Pamong Mengetahui
Kepala sekolah



( Dr. Ngadiso, M.pd ) ( Drs. M. Amir Khusni, MM )
NIP. 131 792 932 NIP. 19620923 198803 1 005

Artikel Sejenis :



Tidak ada komentar: