Custom Search

Jumat, 22 April 2011

Rencana Pembelajaran - Ilmu Pengetahuan Alam - Memahami gejala-gejala alam

MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
KELAS/SEMESTER : X/ 1 dan 2
STANDAR KOMPETENSI : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
KODE KOMPETENSI : 1
ALOKASI WAKTU : 64 x 45 Menit

KOMPETENSI DASAR
1.1 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik
1.2 Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam abiotik


MATERI PEMBELAJARAN
- Metode ilmiah
- Perumusan masalah
- Perumusan hipotesis
- Perancangan penelitian
- Pelaksanaan penelitian
- Pelaporan penelitian
- Rotasi bumi dan peristiwa siang dan malam
- Gempa bumi sebagai bentuk gejala alam
- Tsunami sebagai bentuk gejala alam
- Antisipasi bencana alam

KEGIATAN PEMBELAJARAN

- Mendiskusikan metode ilmiah, diidentifikasi langkah-langkah ilmiah dan contohnya
- Melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar (perilaku maupun keadaan hewan, tumbuhan, dan mikroorgamisme baik pada individu maupun dampak dari perilaku individu itu. Misalnya, luruhnya bunga sebelum waktunya pada tanaman tertentu, hilangnya populasi katak di suatu kawasan, dsb).
- Diskusi kelompok untuk: merumuskan masalah dari temuan gejala alam biotik di lingkungan sekitar sebagai isyu yang perlu dibahas selanjutnya; melengkapi informasi, baik dengan melakukan penga-matan yang lebih cermat di lokasi sesuai dengan masalah yang dirumuskan, ataupun studi pustaka di perpustakaan/ intenet; Informasi itu selanjutnya digunakan untuk membuat hipotesis; menyusun rencana penelitian.
- Melakukan penelitian sesuai dengan rencana yang disusun.
- Mengkomunikasikan hasil penelitian.
- Melakukan diskusi untuk membahas proses-proses fisika yang terjadi dalam peristiwa rotasi bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan.
- Membaca literatur dan sumber belajar (misalnya koran) tentang peristiwa gempa bumi.
- Melakukan Kunjungan/ observasi ke BMG
- Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gempa bumi.
- Melihat tayangan dan membaca literatur (misalnya koran) tentang peristiwa tsunami.
- Melakukan diskusi tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tsunami.
- Membuat daftar langkah penyelamatan yang harus dilakukan apa bila pada saat terjadinya bencana gempa dan tsunami.
- Melakukan simulasi penyelamatan saat terjadinya gempa dan tsunami.

INDIKATOR

- Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan dan masing-masing diberikan contohnya
- Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.
- Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah yang telah dirumuskan. Rumusan hipotesis memperlihatkan hubungan antar variabel.
- Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel (manipulasi, respon, dan kontrol) yang akan diukur, prosedur, cara pengumpulan data dan mengolah data diuraikan dengan jelas.
- Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.
- Laporan penelitian ditulis, dikomunikasikan dan hasilnya dipertahankan dengan argumentasi yang sesuai.
- Gejala alam yang terjadi dilingkungan sekitar diidentifikasi dengan benar. (contoh: peristiwa siang & malam, pelangi, tsunami, gempa, bencana, dll)
- Faktor-faktor terjadinya gempa dijelaskan dengan benar.
- Faktor-aktor terjadinya bencana alam tsunami dijelaskan dengan benar.
- Pengetahuan tentang antisipasi akibat dari bencana alam diidentifikasi dengan benar.

PENILAIAN
- Observasi kinerja
- Produk
- Tes tertulis
- Observasi/ pengamatan
- Tugas kelompok

Artikel Sejenis :



3 komentar:

Claudia mengatakan...

It Is Far the Best Looking Site i have seen.It is very easy to navigate. Keep it up.

3D ultrasounds | 4d Ultrasounds

Waseem Qureshi mengatakan...

Thanks for all your insight. This site has been really helpful to me… Please visit Breaking News

haris widodo mengatakan...

cuma kayak gini, mana materinya?