Custom Search

Senin, 14 April 2008

Pendidikan Agama dalam Keluarga


Setiap keluarga mempunyai suatu aturan tersendiri. Baik dalam hal pengaturan ekonomi ataupun dalam pola pengasuhan anak. Dalam hal ini pola pengasuhan anak sangatlah penting karena untuk menciptakan generasi penerus yang baik. Untuk masalah agama juga harus menjadi hal yang utama, karena agamalah yang akan menjadi pedoman dalam menjalani hidup. Agama mempunyai banyak aturan yang baik untuk para umatnya. Agama tidak pernah mengajarkan hal yang menyeleweng. Jika terjadi penyelewengan dalam setiap perilaku anak atau manusia, itu mungkin karena pola pengasuhan dan pendidikan agama yang diajarkan oleh orang tua masih sangat kurang.

Sebagai contoh ada suatu keluarga yang si orang tua sangatlah taat pada agama, dan mereka mengajarkan agama pada anaknya secara terus menerus dan selalu memberikan contoh yang baik pada anaknya. Dan pada suatu keluarga yang lain si orang tua tidak terlalu peduli pada ajaran agamanya sehingga pengajaran untuk anaknya pun menjadi terbengkalai. Dari contoh tersebut kita akan mengetahui hasil dari ajaran orang tua masing-masing, dilihat dari perilaku si anak di lingkungannya. Pastinya akan terdapat suatu perbedaan yang sangat mencolok.

Untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dengan pentingnya suatu pengajaran agama dalam keluarga bagi kehidupan lingkungannya, saya mencoba untuk melakukan penelitian dengan metode komparatif dan korelasional/korelatif. Dengan metode ini saya akan mencoba untuk membandingkan kedua keluarga tersebut. Setelah adanya suatu hasil penelitan, maka nanti kita akan mengetahui bagaimana perilaku anak tersebut dan bagaimana sikap para tetangga lain menanggapi tentang anak tersebut. Selain itu kita juga akan mengetahui tentang sebab-sebab yang lebih mendalam tentang pola pengasuhan anak dalam suatu keluarga tersebut.



Artikel Sejenis :



Tidak ada komentar: