Custom Search

Senin, 14 April 2008

Identifikasi Masalah Keluarga


Sekarang ini sangat banyak terdapat berita – berita yang memberitakan tentang perceraian atau bahkan tentang kekerasan dalam rumah tangga yang berdampak sangat buruk pada seluruh anggota keluarga terlebih bagi anak sebab anak masih dalam masa pertumbuhan.

Adanya hal – hal seperti itu pasti terdapat masalah – masalah yang terdapat dalam keluarga, masalah - masalah tersebut adalah :

1. Kurangnya komunikasi antar anggota keluarga sehingga tidak adanya pengerian ataupun pemahaman yang baik dalam keluarga tersebut sehingga membuat keluarga tersebut sering terjadi pertengkaran.

2. Perbedaan pendapat. Adanya perbedaan pendapat juga membuat keluarga sering terjadi pertengkaran. Adanya perbedaan pendapat yang sampai membuat pertengkaran itu juga disebabkan karena tidak adanya saling pengertian satu sama lain dalam anggota keluarga tersebut.

3. Kurang perhatian orang tua. Hal ini sangat berpengaruh bagi anak, sebab anak sangat membutuhkan perhatian serta bimbingan orang tua dalam masa perkembangannya. Apabila hal tersebut tidak didapatkan oleh sang anak, pasti sang anak akan menjadi anak yang merasa kesepian dan akan melakukan perbuatan – perbuatan memberontak seperti sering pulang malam, bolos sekolah atau bahkan tidak pulang kerumah. Sang anak melakukan hal tersebut karena ingin diperhatikan oleh orang tua.

4. Masalah yang lain yang menjadi dasar dalam keluarga adalah masalah ekonomi. Ekonomi sangatlah penting dalam keluarga, bagaimana sebuah keluarga dapat hidup dengan layak apabila tidak mempunyai ekonomi yang cukup.

5. Dalam keluarga haruslah dapat adil dalam memberikan perhatian ataupun materi bagi anak. Sebab apabila tidak adil pastilah akan terjadi kerenggangan dalam keluarga tersebut.

6. Hubungan dengan masyarakat sekitat. Ini merupakan masalah yang penting juga, sebab kita hidup pastilah memerlukan orang lain untuk dapat mempertahankan hidup. Apabila hubungan kita dengan masyarakat sekitar tidak baik pastilah kita tidak akan tenang hidup dalam lingkungan tersebut sehingga kita akan merasa tertekan. Berbeda apabila hubunan kita denmgan masyarakat sekitar terjalin dengan baik, pastilah kita akan merasa nya,man tinggal dalam lingkungan tersebut.

Artikel Sejenis :



Tidak ada komentar: