Custom Search

BAB I
PENDAHULUAN

1. LATAR BELAKANG
Di setiap tahunnya SMP Negeri I Masaran mengadakan study tour atau karya wisata dengan kunjungan wisata yang berbeda-beda.
Kunjungan tersebut diadakan dengan maksud atau tujuan agar para siswa- siswa SMP Negeri I Masaran dapat memenuhi syarat untuk mengikuti Akhir semester dan Ujian sekolah tahun pembelajaran 2010 – 2011 dengan menyusun atau membuat serangkaian laporan perjalanan.

2. A) TUJUAN :
- Kegiatan study tour para siswa merupakan kebutuhan mutlak.
- Dengan diadakannya kegiatan ini, kami dapat mengetahui tempat-tempat bersejarah di Indonesia termasuk pulau Bali.
- Selain itu kami juga dapat belajar tentang kebudayaan di Indonesia termasuk pulau Bali ini.
- Di pulau Bali ini kami dapat berwawasan semakin luas tentang sejarah-sejarah di pulau Bali yang indah dan cantik ini.
B) MANFAAT
- Menambah pengetahuan para siswa tentang budaya, tempat pariwisata dan kekayaan alam di Indonesia.
- Mengetahui dan belajar ilmu tentang kebudayaan di Indonesia terutama di pulau Bali
- Berwawasan luas tentang wilayah-wilayah dan pulau-pulau yang ada di negara kita yang mulia yaitu negara Indonesia.

3. A) WAKTU
Pada hari Jum’at, tanggal 16 April 2010, Pukul13.00 WIB, kami berangkat dari SMP Negeri I Masaran.
B) PESERTA
Peserta study tour tahun pembelajaran 2010 – 2011 diikuti oleh semua para siswa siswi kelas VIII di SMP Negeri I Masaran.

4. OBJEK WISATA
Pada tanggal 16 April 2010, SMP Negeri I Masaran mengadakan study tour yang diselenggarakan pada hari Jum’at pukul 13.00 WIB dengan mengunjungi pulau dewata Bali.

BAB II
PELAKSANAAN

1. PERSIAPAN / BERANGKAT
Pada hari Jum’at, 16 April 2010. SMP Negeri I Masaran mengadakan kegiatan study tour ke Pulau Bali.
Pada pukul 13.15 kami berkumpul di halaman sekolah untuk mendapatkan pengarahan dari Bapak / Ibu guru dan berdo’a bersama agar kegiatan study tour dapat berjalan dengan aman dan lancar dan mendapatkan keselamatan dari berangkat sampai pulang

2. PERJALANAN
Pada hari Jum’at, 16 April 2010, pukul 13.00 WIB, SMP Negeri I Masaran mengadakan study tour ke pulau Bali.
Dalam perjalanan itu kami melewati kota-kota yang diantaranya : Sragen, Ngawi, Nganjuk, Jombang, Malang, Situbondo, dan Ketapang.
Sampai di pelabuhan pukul 01.30 WIB, kami menunggu keberangkatan sekitar 2 jam. Pukul 03.00 WIB kami menyeberang dengan menggunakan kapal selama kurang lebih 1 jam sampai di Bali.

3. TEMPAT-TEMPAT YANG DIKUNJUNGI
Tempat-tempat yang kami kunjungi selama di pulau Bali adalah :
1) Tanah Lot
2) Tanjung Benoa
3) Kuta dan Joger
4) GWK (Ganda Wisnu Kencana)
- Tari Kecak
5) Batik Galuh
6) Tari Barong
7) Jajanan Bali
8) Pasar Seni Sukowati
9) Alas Kedaton (Kerajaan Kera)

4. PULANG
Pada hari minggu, tanggal 18 April 2010, wisata di pulau Bali yang terakhir kami kunjungi adalah Alas Kedaton (Kerajaan Kera).
Pada pukul lebih 14.30 WIB kami melakukan perjalanan pulang.
Dalam perjalanan menuju ke pelabuhan tempat penyeberangan kurang lebih selama 2 jam setengah. Sampai di pelabuhan pukul 17.00 WIB.
Setelah penyeberangan, kita melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Kami berhenti di pom bensin untuk melakukan makan malam dan sholat.
Setelah selesai akan malam kami melanjutkan perjalanan kembali.
Selama menempuh perjalanan untuk pulang kurang lebih selama 8 jam, kami tiba di sekolahan SMP Negeri I Masaran sekitar pukul 04.30 WIB.
Di depan SMP Negeri I Masaran para wali murid sudah menunggu, para murid langsung pulang bersama orang tuanya.

BAB III
OBJEK WISATA

1. TANAH LOT
Tujuan pertama kita adalah tanah Lot, kita sampai disana sekitar jam 9. Tanah Lot sudah ada sejak abad ke – 8, disitu ditemukan lingga-lingga untuk memuja tuhan. Pada abad ke 15 datang Empu Sidi Maroh di tanah Lot, beliau melihat sinar suci damai. Tanah Lot mempunyai sumber mata air di bawahnya. Banyak batu-batu besar yang terdapat di bawahnya.

2. TANJUNG BENOA
Tanjung Benoa lokasinya di ujung selatan timur (tenggara) pulau Bali. Letaknya berada di ujung yang sempit membuatnya disebut Tanjung. Di Tanjung Benoa banyak digunakan wisatawan lokal / asing untuk bermain (water sport).
Kecuali surfing, banyak olahraga air seperti, Jet Sky, Bananabot, paracelling dan juga teluk Penyu. Tak heran jikalau Tanjung Benoa sangat panas dan gersang.

3. KUTA DAN JOGER
a. Kuta
Pantai Kuta merupakan pantai yang istimewa di Bali. Di Pantai Kuta kita bisa melihat pemandangan yang indah nan pohon kelapa atau nyiur melambai-lambai. Disana sangat menyenangkan walaupun udaranya panas tetapi pasir lembut di pantai itu sangat halus dan ombak yang cukup enak dilihat mata membuat kita ingin di air. Disana banyak turis-turis yang menikmati keindahan pantai Bali. Disana kita melihat langsung terbit dan terbenamnya matahari dan biasanya orang menyebutnya sunset.

b. Joger
Jogger adalah salah satu pusat perbelanjaan terkenal di Bali. Joger ini merupakan pabrik kata-kata yang unik, karena sangat menarik dan kreatif. Disana banyak sekali baju, aksesoris dan patung-patung katanya kalau turis-turis datang ke Bali enggak mampir ke Joger nyesel dech. Karena Joger sangat diminati para turis asing. Disana banyak sekali yang mengantri panjang banget demi masuk Joger. Walaupun harganya sangat mahal banget. Tapi para pengunjung berbondong-bondong untuk membeli barang-barang dari Joger.

4. GWK (GANDA WISNU KENCANA)
Di GWK ini merupakan taman wisata Unggaran Bali dan wisata patung GWK. Disana ada Dewa Wisnu yang sedang menunggangi burung Garuda yang sangat besar tinggi dan ukurannya 12m. oleh karena kita bisa melihat Kuta-Sanur, Nusa Dua, dan berbagai tempat wisata di Bali.
GWK ini setiap harinya selalu dikunjungi oleh berbagai para wisata mulai dari dalam negeri sampai luar negeri.
Patung GWK ini adalah patung sangat besar, terbuat dari campuran dan baja seberat 4000 ton dengan tinggi 75m dan lebar 60m. Patung ini terbesar di dunia sehingga mengalahkan patung Liberty.

5. BATIK GALUH
Galuh merupakan tempat batik dan aksesoris untuk oleh-oleh. Di Galuh, kami semua dapat memilih barang-barang dan berbelanja bermacam-macam jenis model khas Bali dan aksesoris yang menarik dan unik-unik.
Tempatnya yang luas dan banyak jenis barang yang bermotif batik banyak ditemukan di Galuh untuk oleh-oleh. Di dekat Galuh kita bisa menyaksikan tari Barong. Galuh terletak di desa Pariamnom, Batu Bulan, Gianyar, Bali.

6. TARI BARONG
Tari Barong merupakan wujud penggambaran peperangan dewi kebajikan dan kebatilan. Tari barong ini sangat terkenal di pulau Bali karena tokoh-tokoh yang dimainkan mempunyai watak yang sesuai, ada yang humor juga ada yang mengharukan orang-orang di daerah lain pun juga menonton bahkan turis-turis banyak yang menonton.

7. JAJANAN BALI
Setelah berkunjung ke tari Barong, kami melanjutkan perjalanan ke Jajanan Bali karena disana banyak sekali makanan khas dari Bali. Sesampainya di tempat Jajanan Bali kamipun sangat tergiur untuk membeli makanan khas Bali untuk oleh-oleh pulang. Banyak sekali makanan yang kami beli dengan berbagai jenis makanan yang berbeda. Sebelum kami membeli jenis-jenis makanan kita diperbolehkan untuk mencicipi makanan yang akan kita beli. Kamipun mencicipinya supaya kita bisa merasakan bagaimana rasanya, kalau tertarik boleh dibeli dan kalau tidak tertarik, walaupun sudah merasakannya kita tidak membayarnya. Itulah keistimewaan Toko Jajanan Bali.

8. PASAR SENI SUKOWATI
Pasar Seni Sukowati merupakan salah satu tempat wisata belanja yang kami kunjungi. Di Pasar Seni Sukowati banyak barang-barang yang dijual, seperti tas, baju, celana, topi, ikat kepala, patung, lukisan, kain pantai, dan lain-lain.
Para wisatawan lokal maupun mancanegara tidak pernah melupakan untuk berkunjung. Disana kita dapat menawar berbagai barang-barang yang dijual. Berbagai macam ukiran dan pernak-pernik di Bali. Merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Hampir tiap liburan, pasar ini banyak diserbu para pengunjung.
Memang jika para pengunjung berkunjung ke Bali tanpa datang ke Pasar Seni Sukowati belumlah lengkap.
9. ALAS KEDATON (KERAJAAN KERA)
Setelah dari Jajanan Bali dan membeli oleh-oleh akhirnya kami sampai di objek terakhir, yaitu kerajaan kera atau yang biasa disebut dengan Sangeh. Di Sangeh ini banyak kera yang tinggal disana. Dari kera asli Indonesia hingga kera dari mancanegara. Macam-macam kera di Indonesia umumnya berasal dari kecamatan Mangwi itu sendiri. Saat kami masih di bus, kami diberitahu oleh “Ketut” atau pemandu wisata, bahwa kera tinggal bebas, disana harus berhati-hati. Luas Sangeh sekitar 10 ha.
Keunikan Sangeh :
- Tumbuhan pala hidup jika areal / luas 10 ha.