Custom Search

Senin, 14 Maret 2011

Puisi Kemerdekaan

kemerdekaan yang aku rindukan
bukanlah kemerdekaan untuk menutup pintu-pintu
rumah kehidupan orang lain
kemerdekaan yang aku rindukan
bukanlah kemerdekaan untuk menyetop
perjalanan pikiran orang lain
kemerdekaan yang aku rindukan
nukanlah kemerdekaan yang membungkam
mulut orang lain
yang suaranya
dan pendapatnya berbeda
kemerdekaan yang aku rindukan
bukan pula kemerdekaan untuk menyindir-nyindir

setajam pisau silet
kemerdekaan yang aku rindukan
bukanlah kemerdekaan untuk menyemburkan makian
dari lumpur selokan yang mampet
di dalam mulut
kemerdekaan yang aku rindukan
bahkan bukan kemerdekaan untuk mempermalukan
orang lain
walaupun orang itu sedang lupa
ketika berkuasa
walaupun orang itu sedang lupa
ketika berkuasa
walaupun orang itu sedang teler
karena menenggak terlalu banyak
narkotik kekuasaan

(bukan itu
bukan kemerdekaan yang begitu itu
yang aku rindukan)
tunggu dulu !
jangan-jangan kemerdekaan yang aku rindukan
adalah kemerdekaan yang bukan ini dan bukan itu
tak boleh begini tak boleh begitu

lalu dimana makhluk yang bernama kemerdekaan itu
mengapa kemerdekaan yang aku rindukan
terlalu banyak menggunakan kata bukan
padahal bahaya terbesar bagi kemerdekaan
ialah kalau kemerdekaan itu sudah bukan lagi kemerdekaan
sesungguhnya
kemerdekaan yang aku rindukan
adalah kemerdekaan yang menjadi hak
segala bangsa

kemerdekaan yang aku rindukan
adalah kemerdekaan untuk menyadarkan manusia
akan kekuatannya yang tersembunyi
ketika berada di titik terendah
ketakberdayaan

kemerdekaan yang aku rindukan
adalah kemerdekaan untuk menjaga
kemuliaan manusia
agar dimana saja
kapan saja
dan siapa saja
dan siapa saja
hidup layak, sejahtera
dan terhormat

kemerdekaan yang aku rindukan
adalah kemerdekaan yang diproklamasikan

Artikel Sejenis :



Tidak ada komentar: