Custom Search

Jumat, 22 April 2011

Perubahan Lingkungan

Perubahan Lingkungan itu dapat menjurus ke arah keseimbangan lingkungan, dapat pula menjurus kearah kerusakan lingkungan. upaya konservasi di dunia ini telah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu. Jika kita menengok keadaan lingkungaN kita saat ini, lingkungan kita lebih menjurus ke arah kerusakan lingkungan. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan adalah faktor alam dan faktor manusia.
1. Faktor Alam
Faktor alam yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan misalnya letusan gunung, gempa bumi, perubahan iklim, banjir, kekeringan, angin topan, dan kebakaran hutan.


2. Faktor Manusia
Manusia memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan sumber daya alam dari lingkungannya. Sumber Daya Alam (SDA) itu berupa makanan, pakaian, perumahan, berbagai macam peralatan dan transportasi. Semakin besar populasi manusia dan semakin maju teknologinya, akan semakin banyak ragam dan jumlah SDA yang diambil dari lingkungannya. Maka terjadilah kerusakan lingkungan dan pencemaran.
Perubahan Lingkungan itu antara lain akibat:
a. Pembangunan perumahan
b. Pembangunan jalan raya dan kereta api
c. Pembangunan gedung-gedung dan perkantoran
d. Pembangunan industri
e. Penambangan, baik darat, lepas pantai, dan laut
f. Meningkatnya transportasi darat, air dan udara
g. Penebangan hutan
h. Kegiatan pertanian
i. Pencemaran darat, air dan udara
Perubahan itu dapat terjadi di tingkat lokal, regional, ataupun global. Perubahan lingkungan ditingkat lokal dampaknya hanya dirasakan di suatu wilayah tertentu. Misalnya pembangunan perumahan dan gedung. Perubahan di tingkat regional dampaknya dapat dirasakan oleh wilayah yang luas. Di dalam ekosistem dampak perubahan lingkungan pada suatu wilayah dapat menjalar kewilayah lain. Misalnya pembangunan industri di suatu kawasan. Limbah industri tersebut dibuang ke sungai, atau dihembuskan ke udara. maka bahan pencemarnya dapat mencapai wilayah hilir sungai hingga ke laut, atau pencemaran udaranya dapat terbawa hembusan angin ke daerah lain. Perubahan tingkat global terjadi jika dampaknya dapat berpengaruh ke seluruh dunia. Misalnya:
1. Penebangan hutan hujan tropik di Indonesia dapat berpengaruh pada perubahan iklim global
2. CO2 hasil pembakaran dapat menimbulkan efek rumah kaca
Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui bersama bahwa lingkungan kita saat ini sudah mengalami perubahan lingkungan yang sangat signifikan ke arah kerusakan lingkungan. Agar lingkungan kita tidak lebih buruk untuk kehidupan kita serta anak cucu kita kelak. Maka marilah kita bersama-sama menjaga serta melestarikan lingkungan ini agar tidak lebih buruk. Hal ini dapat kita mulai dengan melakukan sesuatu dari yang paling kecil dahulu yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan, menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, dan melakukan hal-hal yang lain yang tidak memperburuk keadaan dilingkungan sekitar kita.

Artikel Sejenis :



Tidak ada komentar: