Custom Search

Selasa, 05 April 2011

Peta RBI atau peta Topografi


Peta RBI atau yang biasa disebut juga dengan peta Topografi atau peta dasar. Peta dasar yaitu peta yang digunakan sebagai dasar pembuatan peta lainnya. Untuk pembuatan peta tematik, peta dasar yaitu peta yang berisi semua data-data tematis yang akan digambarkan. Pada hakekatnya peta dasar yang digunakan yaitu peta topografi yang resmi dari suatu negara. Umumnya peta dasar tersebut dibuat berdasarkan survey lapangan atau cara lain yang biasa disebut fotogrametris. Peta yang dijadikan peta dasar akan ada perbedaan dalam proyeksi, skala, ketelitian ataupun waktu penerbitannya. sehingga mutu peta dasar ini jelas merupakan hal yang cukup penting juga. Peta topografi atau peta RBI berbeda dengan basemap, peta topografi berfungsi untuk berbagai kegunaan geografi.
Base Map sebagai dasar pembuatan peta tematik.


Peta RBI biasanya digunakan sebagai dasar pembuatan peta tematik, diperlukan data-data topografi dan dari peta itulah semua data-data tematis akan digambarkan. Biasanya jenis peta ini digunakan untuk keperluan peta tematik dalam memperhatikan batas-batas wilayah dengan sangat terperinci. Meskipun demikian, karena tergantung dari penggunaan selanjutnya, kadang-kadang peta ini digeneralisasi dahulu sebelum digunakan sebagai peta tematik. Generalisasi peta yang sementara ini biasa disebut dengan peta tematik tentative. Yaitu peta tematik sementara sebelum siap digunakan sebagai peta tematik.
Peta Tematik yaitu suatu peta yang menggambarkan informasi kualitatif dan kuantitatif tentang kenampakan-kenampakan atau konsep yang spesifikyang ada hubungannya dengan detil topografi tertentu. Menurut International Cartographig Association (1973), peta tematik yaitu peta yang dibuat dan didesain untuk menggambarkan kenampakan-kenampakan atau konsep-konsep khusus.


Dari uraian singkat diatas bisa diambil kesimpulan bahwa, ada hubungan yang saling berkaitan dan sangat erat antara peta topografi, basemap, peta tematik tentative dan peta tematik akhir.

Artikel Sejenis :



Tidak ada komentar: