Custom Search

Minggu, 13 April 2008

Sejarah Munculnya Ilmu Sosiologi


• Kelahiran dan perkembangan ilmu pengetahuan sangat ber kaitan erat dengan konteks sosial
• Sosiologi lahir dalam rangka memahami dan mengatasi perubahan sosial dan masalah-masalahnya yang baru
• Pemahaman terhadap masyarakat yang ‘baru’ ini dapat membuat proyeksi (perkiraan)mengenai masa depan

REVOLUSI POLITIK (Perancis)
• Revolusi Perancis tahun 1789 yang berlanjut hingga abad XIX
• Kondisi-kondisi Sosial berpengaruh dalam kelahiran Teori Sosiologi
• Pertumbuhan sosialism
• Urbanisasi
• Perubahan peran Agama
• Revolusi Politik(Perancis dan Eropa)
• Perubahan Sosial
• Romantisme:kembali ke situasi yang damai dan teratur seperti di masa pertengahan (Eropa)di bawah kekuasaan gereja
• Keteraturan sosial
• Tokoh:Comte,Emile Durkheim

Revolusi industri dan pertumbuhan Kapitalisme
• Tranformasi masyarakat eropa dari agraris ke industri
• Pertumbuhan tekhnologi mutakhir dalam:Birokrasi
• Pembagian kerja (Devision of labor)yang semakin kompleks
• Reaksi kritis/anti thesis terhadap Kapitalisme
• Utopia tentang masyarakat tanpa kelas yang damai dan adil
• Tokoh:
• Pendukung:Mark
• Penentang:Weber dan Durkheim

Perubahan peran Agama
• Perubahan sosial:revolusi politik,revolusi industri dan urbanisasi berdampak pada aspek religius(kehidupan keagamaan)
• Agama kehilangan otoritas (kekuasaan)dalam mengatur kehidupan masyarakat
Revolusi industri dan kelahiran kapitalisme (lanjt)
• Runtuhnya feodalisme dan lahirnya Borjuasi
• Tokoh :Mark,Weber,Durkheim dan Simmel
• Berkaitan dengan Revolusi industri
• Migrasi dalam jumlah besar ke kota-kota (industri)
• Masalah-masalah urban:kepadatan penduduk,polusi,bising,macet
• Tokoh:Weber,Simmel
• Comte:deklarasi Agama Humanitas (berbasis filsafat positivistik/sosiologi)
• Weber dan Durkheim:tranformasi peran agama dalam kehidupan masyarakat yang baru
• Mark:kritik terhadap nilai manipulatif agama

CIRI-CIRI GURU
1.Berpendidikan
2.Bermoral,berilmu
3.Sehat
4.Mengajar dan mendidik
5.Memberi Teladan
6.Di sekolahan

Apakah Guru itu?
• Guru adalah pendidik,profesional dengan tugas utama mendidik,mengajar,membimbing,mengarahkan,melatih,menilai,dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal,pendidikan dasar,dan pendidikan menenggah.

Apakah itu Belajar?
• Belajar adalah upaya yang dilakukan untuk merubah tingkah laku.
• Belajar adalah proses orang memperoleh berbagai kecakapan,ketrampilan,dan sikap.

Apa itu Profesi??
• Menurut sudarwan Danim:Profecus (latin):Mengakui,pengakuan,menyatakan mampu,ahli dalam melaksanakan pekerjaan tertentu.
10 Kompetensi Guru:
• Menguasai Bahan
• Mengelola program pembelajaran
• Mengelola kelas
• Mengunakan media
• Mengasai landasan pendidikan
• Mengelola interaksi belajar mengajar
• Menilai prestasi siswa
• Mengelola bimbingan dan penyuluhan
• Mengenal dan mampu menyelenggarakan administrasi sekolah
• Menguasai prinsip – prinsip penelitihan untuk pengajaran

4 MACAM KOMPETENSI:
• Kompetensi Pedagogik
• Kompetensi Sosial
• Kompetensi kepribadian
• Kompetensi pendidikan Profesi

Emile durkheim
• Mengukuhkan sosiologi sebagai disiplin akademik di prancis
• Concern pada keteraturan dan reformasi sosial dan menentang perubahan radikal
• Studi sosiologi:Fakta sosial,general eksternal dn koersif(contoh kasus bunuh diri)
• Peran agama sebagai perekat hubungan individu dalam masyarakat
Perkembangan tradisi sosiologi jerman
Melibatkan 4 tokoh utama:
• Karl Mark (1818-1883)
• Max weber (1864-1920)
• Georg simmel (1858-1918)
• Ferdinan Tonnies (1855-1936)

Karl Mark
• Hegel:Dialektika (berfikir dinamis dan kontradiktif)dan idealisme (pikiran daripada material)
• Mark:menerima dialektika hegel menolak idealisme (menjadi matrealisme:dunia material lebih penting daripada pikiran)
• Agama sebagai instrumen manipulatif dalam masyarakat

Max weber
• Kritik terhadap mark:
• Determinisme ekonomi terlalu sederhana
• Stratifikasi sosial disusun oleh kompleksitas aspek
• Pemikiran weber dalam sosiologi:
• Weber sangat concern pada kapitalisme
• Teori rasionalitas

Georg Simmel
• Simmel concern pada isu-isu kecil:individu dan interaksi
• Perubahan sosial budaya masyarakat
• Masyarakat konsumtif:filsafat uang (sosiologi uang)

Ferdinan Tonnies
• Dua tipe masyarakat :gemeinschaft dan gesellschaft
• Gemeinschaft:masyarakat,relasi lebih rasional,individualistik
Perkembangan tradisi sosiologi inggris
• Meliputi 3 topik utama:
• Politik ekonomi
• Ameliorisme
• Evolusi sosial
Evolusi sosial
• Teori evolusi darwin
• Dipengaruhi oleh pemikiran positif comte

Ameliorisme
• Ameliorisme :penyelesaian masalah sosial dilakukan denganmerevormasi individunya
• Sosiologi Britain memusatkan pada individu bukan struktur sebagaimana perancis dan jerman

Hebert Spencer
• Memiliki hubungan dengan comte dan darwin
• Masyarakat berevolusi ke kondisi yang lebih baik

Perkembangan tradisi sosiologi Amerika
• Dipengaruhi oleh 2 tradisi :filsafat pragmatis
• Psikologi sosial
• Tokoh:Throstein veblen (1857-1929)

Filsafat pragmatis dan Psikologi sosial
• Menekankan individu (indicidalistik)sebagai basis keteraturan sosial
• Tidak tahan dengan pemikiran spekulatif,cenderung berfikir praktis/pragmatis :sesuai kenyataan

Artikel Sejenis :



Tidak ada komentar: